Wednesday, December 9, 2015

SIA TUGAS 6

ANALISIS ECOMMERCE PADA ZALORA

1.      Sistem Penjualan Zalora
Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
    1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan  Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 . Sedangkan wilayah  Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD  menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
      Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja  via telepon dengan nomor : 021-29490100
      – Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB
      – Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB  email : help@zalora.co.id
2.      Waktu Pengiriman
WAKTU PEMESANAN
PENGIRIMAN
ESTIMASIPENERIMAAN ORDER
Senin – Jumat, Sebelum 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari pemesanan).
Order Anda akan sampai diantara Senin – Sabtu.
Senin – Jumat, Setelah 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).
Sabtu dan Minggu
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).

3.      Cara Pembelian di Zalora
    1. Masuk ke http://www.zalora.co.id.
    2. Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
    3. Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
    4. Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
    5. Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
    6. Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
    7. Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
    8. Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
    9. Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
    10. Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.
4.      Keamanan
a.       Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.
b.      ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
    1. Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
    2. Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
    3. Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi
f.       ZALORA menggunakan teknologi 128 – bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri
5.      Produk yang disediakan Zalora
a.       Seperti yang saya sebutkan di atas, Zalora menyediakan 400 brand lokal dan internasional. Brand yang tersedia pun ga main-main. Sebut saja Adidas, Nike, Hush Puppies, FENDI, dan Calvin Klein.
b.      Selain itu, produk di Zalora mencapai  10.000 produk yang mencakup fashion, aksesoris, tas, sepatu, kecantikan, bahkan dekorasi rumah. Harganya pun sangat bervariasi. Mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.
c.       Produk-produk tersebut dibagi menjadi beberapa katagori yaitu katagori wanita, pria, dan anak-anak. Produk untuk wanita terdiri atas wedges, flats, heels, sandal, atasan, dresses, jeans, tas dan aksesoris. Kalau produk untuk pria terbagi atas sepatu formal, sepatu casual, sepatu olahraga, sneakers, celana pendek, jeans, T-shirt, dan kemeja. Sedangkan produk untuk anak-anak tersedia mulai atasan, bawahan, dan sepatu untuk anak laki-laki dan perempuan.
d.      Selain tiga kategori di atas, konsumen juga bisa mencari di katagori Sale dan katagori <300 bagi konsumen yang ingin membeli produk dengan harga lebih terjangkau. Bagi para muslim atau hijabers, bisa langsung klik katagori busana muslim yang menyediakan berbagai fashion muslim yang elegan, anggun, dan fashionable. Konsumen juga bisa langsung mencari produk berdasarkan brand yang tersedia dengan klik katagori brand. Kalau ingin update produk, langsung saja klik katagori New yang menyediakan berbagai informasi tentang produk-produk baru di Zalora.
e.       Semua produk tersebut di tampilkan di website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk.
f.       Selain memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual, Zalora pun menyediakan Brand Information di setiap produknya. Inilah salah satu kelebihan Zalora dibandingkan dengan online shop yang lain. Kebanyakan online shop lain tidak mencantumkan penjelasan apapun tentang brand sehingga terkesan meragukan. Padahal, konsumen pasti tidak ingin membeli kucing dalam karung yang artinya membeli tanpa tahu sebuah produk itu  dari brand mana dan bagaimana seluk-beluknya.
g.      Brand Information di Zalora sangat membantu konsumen untuk mengetahui seluk beluk brand dari produk yang akan dibelinya. Dengan adanya Brand Information, konsumen bisa lebih mudah menentukan produk mana yang sesuai dengan pilihannya.


6.      Harga produk di Zalora
Walaupun mengusung konsep brand yang mewah dan elegan, Zalora tetap berbaik hati dengan menyediakan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau. Inilah kelebihan Zalora yang lain. Zalora memberikan harga spesial yang menggiurkan agar konsumen bisa menemukan berbagai produk menarik dengan harga yang ramah di kantong.Zalora sering mengadakan Sale besar-besaran pada waktu-waktu tertentu   agar konsumen bisa tetap berbelanja dengan hemat. Sale yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung yaitu hingga 80%.
Selain sale pada waktu tertentu, Zalora menyediakan produk dengan harga terjangkau dalam dua pilihan yaitu  Sale dan <300.  Sale berisi berbagai produk dengan potongan harga yang lumayan besar.
                                                              i.      misalnya produk Theory X Yellow Crinkle Dress. Dress anggun ini semula dipatok dengan harga Rp 249.000. Namun, dress ini mendapatkan sale sebesar 40% sehingga menjadi Rp 149.000 saja.
                                                            ii.      Adapun  <300 berisi produk-produk dengan semua  harga yang dipatok berada di bawah angka Rp 300.000.  Dalam <300 tersedia dalam beberapa opsi yang memudahkan konsumen dalam mencari produk yang sesuai.
Bagi konsumen yang ingin mencari produk berdasarkan jenis kelamin, bisa klik katagori wanita, laki-laki, atau anak-anak. Kalau ingin mencari berdasarkan harga yang tersedia, bisa klik Harga yang tersedia dalam dua fitur yaitu Rp 100.000,0-Rp250.000,0 dan Rp 250.000,0-Rp500.000,0. Kalau ingin mencari produk berlabel <300 berdasarkan brand, konsumen bisa klik pilihan brand yang tersedia atau search brand yang diinginkan. Mudah bukan? Semua hanya ada di Zalora.

7.      Proses belanja  di Zalora
Mudah. Itulah kata yang paling tepat untuk merepresentasikan proses belanja di Zalora. Zalora telah mendesain sebuah system navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli barang dengan mudah. Konsumen tinggal mengikuti prosedur yang sudah dibuat dan langsung bisa berbelanja.
Pertama, kita membuat akun di Zalora terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa langsung berbelanja dengan mengisi keranjang belanja kita. Selanjutnya, Zalora akan mengirim email konfirmasi pemesanan pada kita.
Lalu, kita tinggal memilih cara pembayaran lewat kartu kredit, bank transfer, atau pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Pembayaran lewat kartu dapat dilakukan lewat Visa, Mandiri, dan BCA. Selain itu, Zalora menyediakan layanan  pembayaran COD yang tersedia di 32 kota.
Sebagaimana yang tercantum dalam zalora.co.id, ada 3 langkah mudah untuk melakukan COD, yaitu
    1. Pada halaman produk pilihan Anda, pilih ukuran Anda. Selanjutnya, klik “Beli” dan “Lanjut ke Pembayaran”.
    2. Jika Anda sudah menjadi member ZALORA, maka Anda hanya perlu memasukan e-mail dan password pada kolom“Login”. Jika belum terdaftar, klik “Lanjutkan”.
    3. Pada tahap akhir, isi data pribadi Anda pada kolom “Informasi Anda”, lalu pilih Bayar di Tempat (COD) pada Kolom“Cara Pembayaran”, cek ulang pemesanan Anda di kolom “Konfirmasi Pembelian” dan klik “Bayar”.
Ada satu lagi kemudahan lain yang diberikan oleh Zalora yaitu gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi bingung-bingung menghitung pengeluaran untuk biaya pengiriman karena sudah ditanggung oleh Zalora.
Selain itu, Zalora juga menyediakan jasa pengiriman yang cukup banyak. Misalnya JNE, Firstlogistik, Gojek, dan lain-lain.
8.    Pengembalian & Penukaran Barang
a.       Proses pengembalian
                                         i.    Hubungi Customer Service ZALORA untuk mengonfirmasi pengembalian Anda
                                       ii.    Kirimkan barang yang ingin Anda kembalikan kepada kami, gratis pengambilan barang untuk daerah Jakarta.
                                      iii.    Sertakan Formulir Penukaran dan Pengembalian dalam paket yang akan Anda kirimkan.
                                      iv.    Produk harus dikembalikan dalam jangka waktu garansi 7 hari. Waktu garansi terhitung sejak saat Anda menerima pesanan Anda.
                                        v.    Uang Anda akan dikembalikan dalam waktu 1 hari kerja jika menggunakan Credit Card, Rekening BCA, Mandiri atau BRI dan jika menggunakan Rekening Bank lain nya paling lambat 3 hari kerja, terhitung sejak barang Anda kami terima kembali.

b.      Syarat & Ketentuan Pengembalian atau Penukaran Barang
Kondisi
                                         i.    Barang yang ingin dikembalikan harus dalam kondisi yang sama seperti pada saat diantarkan, termasuk kemasannya.
                                       ii.    Produk tidak boleh dalam keadaan rusak, kotor atau telah dicuci.
                                      iii.    Label harga dan barcode barang masih dalam keadaan utuh.
                                      iv.    Kembalikan beserta kemasan aslinya dan tas (bila diberikan).

c.       Pengecualian
                                         i.    Pengembalian barang tidak berlaku untuk lingerie dan pakaian dalam, fragrance, produk kecantikan, dan perhiasan.
                                       ii.    Jika Anda menggunakan voucher pada saat pembelian, nilai voucher tidak dapat dikembalikan.
                                      iii.    Semua barang yang Anda beli dengan nilai promo 50% ke atas tidak dapat dikembalikan.
                                      iv.    Untuk pembelian yang menggunakan voucher, nilai voucher tidak dapat dikembalikan.
                                        v.    Biaya Pengiriman tidak dapat dikembalikan kecuali kesalahan pengiriman oleh pihak Zalora

Metode Transfer ke Rekening Bank Uang Anda akan dikembalikan dalam waktu 5 hari setelah barang tiba di gudang ZALORA. Metode Pembayaran Kartu Kredit
Saldo kartu kredit Anda dikembalikan pada saat siklus pembayaran kartu kredit Anda di bulan selanjutnya.
  1. Layanan Zalora
Zalora berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik demi kepuasan konsumen. Zalora berusahan untuk mengirimkan barang dalam waktu 2 hari kerja sejak hari pemesanan barang.
Selain itu, Zalora juga berusaha memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Kepuasan konsumen inilah yang sebenarnya menjadi tolak ukur sebuah online shop agar bisa dikatakan baik atau tidak. Jika tidak ada ulasan positif dari konsumen, maka bisa dipastikan sebuah online shop itu tidak baik  Namun, kondisi yang berbeda justru didapatkan oleh Zalora. Zalora mendapatkan berbagai ulasan positif dari konsumen.
Ketika saya membuka akun twitter Zalora, saya banyak menemukan berbagai komentar positif tentang Zalora. Komentar-komentar tersebut kebanyakan dari konsumen yang mengungkapkan kebahagiaan dan perasaan mereka saat menerima kiriman barang dari Zalora. Cekidot
  1. Kebijakan yang di berikan Zalora Marketplace kepada House sales (fashion brands) serta pelanggan
a.       Untuk Vendors :
                                                                    i.      Dapat mengakses customer dalam jumlah besar melalui website kami.
                                           ii.    Membuka online store untuk menjual produk milik anda dengan harga yang akan ditentukan oleh anda sendiri.
                                                          iii.      Mengontrol harga sendiri dan memposting konten konten unik untuk produk anda, dan juga untuk mengontrol arus transaksi barang.
                                                       iv.      Bergabung dengan komunitas belanja online dan mengakses dengan strategi marketing yang efektif.
                                                       v.      Metode transaksinya memiliki reputasi terbaik dan proporsional.
                                                       vi.      Layanan pengiriman cepat dan terpercaya.
                                                     vii.      Belajar dari para ahli dan pakar fashion melalu data kami.
b.      Untuk pelanggan :
Dengan Zalora Marketplace, pelanggan akan mendapatkan beragam pilihan-pilihan untuk sumber produk dan fashion besar yang beragam dari beberapa vendor (merek fashion) berbeda. Selain itu, kami juga selalu berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami dengan staff profesional ZALORA dan jasa transportasi yang cepat serta terpercaya
11.   Zalora, online shop yang TERPERCAYA
Salah satu komitmen dari Zalora adalah menjadi online shop yang terpercaya. Oleh karena itu, Zalora memiliki customer service yang handal dan terpercaya untuk melayani pertanyaan para konsumen. Jika ada keluhan, Zalora siap memberikan pelayanan yang cepat dan professional demi kepuasan konsumen. Customer Service Zalora bisa dihubungi di nomor 021-29490100. Email: help@zalora.co.id. Customer service Zalora buka Senin – Jumat, 9:00 – 21:00 WIB.
  1.  Penawaran yang diberikan Zalora
a.     Zalora tak hanya menawarkan berbagai produk yang berkualitas namun juga membahagiakan konsumen dengan berbagai tawaran yang menarik. Misalnya saja voucher belanja Rp 50.000 bagi siapapun yang berlangganan newsletter Zalora.
b.  Selain voucher, Zalora juga memberikan tawaran menggiurkan lain misalnya discount Rp 100.000 bagi pemilik kartu kredit ANZ dengan ketentuan yang berlaku.

SUMBER :




No comments:

Post a Comment